/Jelajah Laut Bersama Seaworld Indonesia

Jelajah Laut Bersama Seaworld Indonesia

Hallo, misi jalan-jalan kali ini sebagai penerus dari artikel sebelumnya ya. So you guys, jangan lupa untuk baca!

Yes, Seaworld, si teman baiknya Dunia Fantasi karena mereka berada di satu kawasan yang sama, yaitu Taman Impian Jaya Ancol. Seaworld ini termasuk destinasi wisata di Jakarta yang gak kalah menarik lho. Tentu, Seaworld bisa menyaingi Dunia Fantasi, Pantai Ancol, atau tempat wisata lainnya di kawasan Ancol, bahkan di wilayah Jakarta.

Penasaran kenapa Seaworld bisa semenarik itu? Tidak lain tidak bukan, Seaworld merupakan akuarium laut pertama di Indonesia. Jangan kaget dulu ya, karena Seaworld juga pernah dinobatkan menjadi akuarium laut terbesar di Asia Tenggara.

Akuarium utama Seaworld memelihara ribuan satwa laut Indonesia. Sebanyak 35.500 ekor ikan laut Indonesia dari 35 spesies yang berbeda dipelihara disini. Ukuran akuarium ini mencapai 38 x 24 m dengan kedalaman yang bervariasi dari 4.5 hingga 6 m dan menyimpan 5 juta liter air laut (Wikipedia). Jadi teman jalan-jalan sudah tau kan kenapa Seaworld bisa menjadi akuarium laut terbesar?

Berdasarkan sejarah, saat ini Seaworld tidak lagi menjadi akuarium laut terbesar di Asia Tenggara. Namun sudah menjadi yang kedua, karena dikalahkan oleh negara tetangga, yaitu Singapura. Meski begitu, Seaworld tetap tidak dapat dikalahkan kearifan lokal Indonesianya. Setuju ya teman jalan-jalan!

Nah, Seaworld memiliki beberapa koleksi akuarium dan berbagai jenis biota laut lho. Terdapat akuarium utama, dan akuarium-akuarium lain yang disediakan khusus untuk jenis biota laut tertentu. Contohnya akuarium khusus ikan hiu, ubur-ubur, kura-kura, ikan raksasa arapaima, dan masih banyak lagi. Selain itu, yang menariknya lagi, ada kolam yang disediakan khusus untuk kita menyentuh dan bermain dengan ikan hiu, penyu, dan yang lainnya. Kamu takut? Tenang, ada petugas yang menjaga dan mengarahkan kok. Dan selalu tersedia instruksi tertulis dalam Bahasa Indonesia maupun Bahasa Inggris. Jangan sampai kamu gak coba ya, nanti menyesal lho!

Selain akuarium tersebut, tersedia pula Lorong Antasena. Yaitu lorong yang terhubung dengan akuarium utama. Lorong tersebut berada persis di bawah akuarium utama dengan lantai yang dapat berjalan secara otomatis. Jadi, kita bisa banget lho menikmati pemandangan di bawah laut tanpa harus basah. Lorong tersebut memiliki panjang sekitar 80 meter, jadi dijamin puas deh. Kalau kurang puas, boleh putar lagi kok, berkali-kali juga boleh.

Sekarang kita bahas isi akuariumnya ya. Pertama, pasti ada ikan dong. Tapi di akuarium Seaworld ini bukan hanya ada ikan laut saja. Terdapat juga ikan air tawar. Selain jenis ikan, ada juga biota laut lainnya lho. Seperti ubur-ubur, kura-kura, penyu, kuda laut, bintang laut, terumbu karang, dan lain-lain yang tentu gak bisa aku sebutkan satu per satu hehe.

Dalam Seaworld, kita juga bisa belajar lho teman jalan-jalan. Terdapat museum yang tentunya memberi kita informasi, ilmu pengetahuan, dan pembelajaran mengenai jenis-jenis biota laut pada masa kini maupun pada masa lampau seperti zaman prasejarah. Pokoknya lengkap!

Fasilitas lainnya yang dapat kita nikmati, yaitu toko souvenir dengan berbagai barang-barang lucu nan menarik yang tentu berhubungan dengan laut dong ya. Kemudian ada food court, karena kita tidak diperbolehkan membawa makanan masuk ke dalam area akuarium. Tentunya untuk menghindari pemberian makan kepada biota laut yang ada. Jadi makannya di tempat yang telah disediakan ya teman jalan-jalan! Dan yang terakhir toilet.

Kalau ke Seaworld, tidak lengkap rasanya jika tidak melihat atraksi pemberian makan ikan-ikan yang ada dalam akuarium utama. Dari ikan yang kecil, sampai ikan yang sangat besar. Jadi jangan terlewat ya, ingat pukul 11.00! Kurang lengkap juga ya rasanya kalau pulang tidak membawa kenangan hehe. Jangan khawatir karena di Seaworld Indonesia banyak spot-spot foto yang gak kalah aesthetic. Aku rekomendasikan kolam ubur-ubur ya tapi ingat berfoto lah dengan tertib dan menaati peraturan yang ada. Kita kan tetap harus lestarikan segala jenis biota laut Indonesia yang ada di Seaworld. Karena ini semua bukanlah warisan dari nenek moyang kita, melainkan pinjaman anak cucu kita.

Salam bahari!

Hallo, i'm a civil servants. an enthusiast words, photos, foods, music, and sport. and who deserve more than 12 between 28 and 40.