/Pesona Gunung Sumbing 3.371 mdpl

Pesona Gunung Sumbing 3.371 mdpl

Buat lo yang suka jalan, saatnnya kita lanjutin perjalanan dari Gunung Sindoro ke Gunung Sumbing. Gunung Sumbing adalah gunung api yang terdapat di Jawa Tengah, Indonesia. Berdiri tegak setinggi 3.371 meter di atas permukaan laut, gunung Sumbing merupakan gunung tertinggi ketiga di Pulau Jawa setelah Gunung Semeru dan Gunung Slamet (wikipedia).

Sesampainya kami di BC Sumbing, langsung deh ngurus Simaksi. Dan perjalanan kami mulai pukul 19:00 dibantu ojek lagi untuk mempersingkat perjalanan :). Sempat beberapa kali kami menemukan 2 jalur yang bikin bingung namun mengikuti petunjuk sangat membantu dan melihat bekas jejak pendaki lain menjadi arahan kami untuk memilih jalur.

Jalan-jalan ke Gunung Sumbing menurut Saya lebih melelahkan jika dibandingkan Gunung Sindoro walaupun yah semua pendakian memang melelahkan he2. Gak ada yang namanya berjalan jarak jauh itu gak capek :D. Gunung Sumbing memang memiliki beberapa jalaur yang unik, salah satunya “Engkol-engkolan”.

sumber: http://geohaniez.blogspot.co.id/

Sebelum berangkat Kami memperkirakan jalur gunung Sindoro lebih sulit dibandingkan Gunung Sumbing. Namun setelah menjalani entah itu karena faktor lelah setelah pendakian Sindoro sebelumnya atau entahlah. Yang pasti perjalanan kali ini asik dan tentunya mendapatkan pemandangan yang indah2 (menghibur diri) :D.

Kami sampai di camp pukul 21:30 WIB dan melihat 1 tenda yang tidak mendirikan tenda di Camping Ground dengan alasan angin di sana lebih kece dan badai :D. Tanpa berpikir panjang langsung kami gelar tenda kami didekat mereka wkwkwk.. Walaupun kondisi tanah yang rada miring, tidak menjadi faktor penghalang kami untuk istirahat (walaupun sebentar).

Beberapa kali sempat terbangun karena faktor kedinginan. Terdengar suara tetangga yang sepertinya ingin muncak, saling colek dan bertanya “yuk bro summit?”, rekan yang lain bilang pagi aja karena memang cuaca saat itu dingin pake binggo yang menyebabkan mager (males gerak).

Dan jrengg-jeng… Waktu sudah menunjukkan pukul 09:00 WIB dan perjalanan summitpun dimulai. Tidak ada bonus yang bisa kita temukan dalam pendakian kali ini, namun ada beberapa tempat walaupun seidkit yang cukup landai untuk sekedar merenggangkan kaki.

Jalur pendakian Gunung Sumbing

Ternyata perjalanan menuju puncak cukup menyita waktu, kami sampai pukul 12:15 karena ingin mengejar waktu turun hanya butuh waktu 10 menit bagi kami untuk mengabadikan moment di puncak.

Perjalanan turun dari Gunung Sumbing pukul 13:00. Pada saat sampai di tenda kami pun beres2 buat packing pulang dan bertemu sebut saja tim A dan tim B (sesama penikmat perjalanan) yang lebih dulu turun karena mereka sudah selesai packing.

Packingpun selesai dan kami bergegas turun untuk mengejar waktu agar magrib tidak dijalan. Dan ternyata estimasi diluar perkiraan kamipun mendengar adzan magrib ketika masih dijalan. Hari sudah gelap yang menyebabkan kami harus baerhati-hati dalam melangkah, sempat beberapa kali terpeleset karena faktor kaki yang sudah lelah begitu juga dengan bagian bawah sepatu sudah beberapa terisi penuh tanah sehingga mengurangi daya cengkram sepatu ke tanah.

Alhamdulillah kamipun sampai di Pos 1 dan karena kondisi sudah gelap juga lelah, ojekpun menjadi pilihan kami untuk turun ke BC. Sesampainya kami di BC (ishoma) kurang lebih 1 jam kemudian. Tim A dan tim B baru sampai (nah lho??..).

Rasa heran bercampur bingung +saling lirik, mereka bertanya “kok kalian udah sampai?”, begitupun dengan kami “lah bukannya tadi kalian duluan”. Padahal jalur turun setahu saya cuma satu, logikanya kalopun kami mendahului 2 tim ini kami mestinya bertemu dengan mereka di jalan (wakwaw..). Perbincanganpun langsung saya potong dengan kalimat (oh.. kami tadi lewat jalur air), agar mereka tidak bingung dan lekas istirahat he2..

Setelah itu kamipun memanfaatkan waktu untuk bercengkrama dengan sesama pendaki lain sambil ngopi2 ganteng sambil istirahat di BC sumbing.

Pagi menjelang dan packing ulang dilakukan untuk mengecek kelengkapan alat, karena kereta ke Jakarta sore 15:26 WIB kami berinisiatif untuk jalan-jalan dulu di Yogyakarta. Salah satu tujuan kami adalah Malioboro, yups katanya kalo ke Yogya belum kesana sama aja belum ke Yogya he2.

Nah sampai disini dulu ya cerita perjalanan kali ini. Buat lo yang suka jalan ikuti terus perjalanan selanjutnya.

Salam Lestari